Jumat, 04 November 2011

Teknologi Nuklir Bisa Atasi Autisme

Jakarta-Tren ganguan autisme di dunia dan di Indonesia cenderung meningkat.Banyak penelitian menyebutkan,penyebabnya tidak diketahui pasti.Ternyata,berkat Teknik Analisis Nuklir(TAN),autis disebabkan adanya unsur logam dalam tubuh anak melebihi batas wajar.
          Peneliti dari ITB,Dr.Ir.Katharina Oginawati,MS,mengungkapkan,ada pasien yang mengalami gangguan autis.Setelah diperiksa sampel kuku,rambut dan darah,ternyata ada tujuh jenis logam .Pasien ini tinggal di daerah dengan tingkat polutan yang cukup tinggi,yang mengandung timbal.

          Menurutnya,TAN ini juga bisa mengetahui unsur berbahaya lainnya dalam penggunaan kayu bakar untuk memasak.Dengan tehnik ini diketahui kayu bakar ini mengandung black carbon yang karsinogen.Yang bisa membuat orang yang menghisap asap kayu bakar itu berpotensi terkena kanker.
          Tehnik ini juga bisa mengetahui bahaya-bahaya dalam industri rumah tangga,seperti jasa pengelasan.Dari TAN,lanjutnya,diketahui dalam proses pengelasan itu terkandung 30 jenis logam berbahaya.Utamanya kandungan Fe dan Nm.
          Tehnik Analisis Nuklir ini juga bisa dimanfaatkaan untuk mengetahui kandungan jajanan anak-anak.yang ternyata banyak mengandung tembaga.Karenanya,dari tehnik ini amat penting untuk menyosialisasikan temuan-temuan berbahaya pada masyarakat.
          TAN sendiri,menurut Deputi Penelitian Dasar dan Terapan Batan,Dr.Anhar Riza Antariksawan,salah satu tehnik nuklir yang memanfaatkan netron untuk meneliti suatu sampel.Tehnik ini mampu mengetahui 70 unsur yang terkandung dalam sampel tanpa harus merusak sampel itu.”Sekali shoot saja akurasinya pun lebih baik karena bisa dalam ukuran nano gram,”tambahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar